The Proggiehouse
To Think To Share To Move Progressively!

Teknologi Visualisasi 3D Nyata dan Kondisi Riset Nasional

Beberapa tahun yang lalu sebuah lembaga penilitian di jepang AIST ( Advance Industrial Science and Technology) berhasil menciptakan sebuah teknik visualisasi 3D dalam ruang nyata pada media udara.

Beritkut merupakan contoh visualisasinya :

fig11

Titik putih yang berpendar tersebut merupakan plasma yang dihasilkan oleh sinar laser yang dipakai. Beberapa persyaratan yang harus ada pada laser untuk menciptakan plasma yang berpendar dalam udara adalah :
1. Laser yang dipakai harus tipe “high–brightness infrared pulsed”
2. Pulsa berkas Laser yang ditembakan adalah sebanyak 100 kali dalam 1 detik aka 100 Hz
3. Durasi pemancaran Pulsa Laser harus berada pada orde nano detik aka satu per semilyar detik

Secara garis besar skematik peralatan yang dipakai kira2 seperti ini :

fig2

Jadi selain Laser yang mampu mengemisikan plasma dalam udara dibutuhkan juga semacam proyektor yang digerakan secara mekanik untuk memposisikan titik fokus laser dlm koordiant x-y-z aka ruang 3D.  Disamping itu proyektor ini mampu mengatur intensitas laser sehingga titik2 plasma yang berpendar dapat diatur intensitas aka tingkat keterangannya..

Beberapa variasi pola yang dihasilkan :

fig3

Hasil penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh karakteristik diplay device 2D yang memiliki keterbatasan dalam memvisualisasikan gambar 3D secara sempurna. Boleh jadi teknik visualisasi 3D ini merupakan cikal bakal monitor 3D yang akan menggantikan monitor/device display yang beredar sekarang.

Semakin maju peradaban maka kebutuhan manusianya pun semakin kompleks dan meningkat secara kualitas maupun kuantitas. Suatu hasil riset diharapkan mampu menjawab tantangan itu. Suatu kegiatan riset akan mendorong pada kemandirian sebuah bangsa. Di negeri ini pun ada beberapa lembaga2 riset namun sayang sekali salah asuh,kegiatan riset dipandang hanya merupakan sebuah proyek singkat belaka yang tidak ada kelanjutannya. Komunikasi antara lembaga riset, Industri, masyarakat dan pemerintah pun tidak terbangun dengan baik. Sehingga hasil riset yang dilakukan oleh lembaga riset tidak sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat pada saat itu. Pemerintah pun tidak cukup sabar dan visioner dalam mendukung kegiatan riset yang dilakukan. Dilain pihak kegiatan riset pun rentan untuk dipolitisir sehingga menyimpang dari tujuan riset itu sendiri.

Bagi kebanyakan kalangan di negeri ini, meriset itu pekerjaan yang penuh resiko dan tidak visibel. Namun kegiatan riset yang benar seharusnya dapat menciptakan kemandirian sebuah bangsa. Kemandirian sebuah bangsa merupakan salah satu faktor yang menjadikan kita sebagai bangsa yang KUAT dan DISEGANI oleh bangsa lainnya.

Advertisements

One Response to “Teknologi Visualisasi 3D Nyata dan Kondisi Riset Nasional”

  1. Generally I do not post on blogs, but I would like to say that this post really forced me to do so! really nice post.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: