The Proggiehouse
To Think To Share To Move Progressively!

Sang Putri

Sang putri yang jauh disana didalam sejarah maupun didalam dongeng tetap saja menginspirasi, bahwa ternyata ada sosok wanita sempurna yang pernah diketahui oleh akal manusia. Sosok sang putri digambarkan sebagai wanita yang cantik, anggun, baik hati, santun, berwibawa dan flamboyan. Sang putri tinggal disebuah istana yang megah dialah anak dari sang raja. Dikisahkan sang putri dipuja oleh para lelaki seluruh negeri namun sang putri belum pernah tersentuh oleh laki-laki manapun kecuali oleh suaminya kelak. Sungguh beruntung laki-laki yang menjadi suaminya, beruntung lah jika laki-laki itu adalah pangeran dari kerajaan tetangga. Sebaliknya sungguh malang nasib laki-laki dari kelas bukan ningrat.

Begitulah pencitraan dari sang putri padahal sang putri juga manusia, punya segudang kekurangan namun kekurangannya jarang diekspos sehingga nampaklah dia begitu sempurna. Seorang laki-laki sejati mendambakan sosok wanita yang sempurna yang nanti akan dipinangnya. Wanita sempurna seperti Sang Putri. Namun mencari wanita yang sempurna hanyalah memboroskan waktu saja. Karena tidak akan pernah puas akal dan perasaan mengenai gambaran sempurna dari seorang mahluk. Sungguh tidak adil untuk mencari kesempurnaan dari orang lain padahal pada hakikatnya tidak ada mahluk yg sempurna.

Bisa menerima kekurangan dan mengoptimalkan kelebihan adalah modal dasar untuk mendapatkan sesuatu yang dicari, itu lebih baik daripada terus menuntut sesuatu yang sempurna seperti pencitraan sang putri dinegri dongeng. Dalam kenyataan terlalu banyak wanita yang bernama putri , terlalu banyak simbol yang dilabeli putri (Putri Indonesia, putri keraton atau putri kosmetik) , atau ada juga wanita yg katanya berdarah biru dengan bodohnya memerankan dagelan sebagai putri keraton.

Istilah putri tak lebih dari hasil pencitraan orang-orang akan sosok wanita yang sempurna. Namun gambaran kesempurnaan seperti itu tidak berguna lagi karena pencariannya adalah sia-sia.

Advertisements

No Responses to “Sang Putri”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: